Label

Sabtu, 12 April 2014

Nostalgia : Brigandine Legend of Forsena



Brigandine, seiring perkembangan zaman para penikmat game tidak mengenal lagi nama game yang seru ini karena para gamers mungkin lebih berminat pada game yang mempunyai graphic yang lebih bagus dan halus. Brigandine merupakan tactical role-playing game yang di produksi oleh Hearty Robin pada tahun 1998. Pada saat memainkan game ini, pemain memilih salah satu kerajaan dari enam kerajaan yang berdaulat di daratan Forsena dan tujuan utama dalam permainan ini adalah untuk menguasai seluruh wilayah di daratan forsena dengan cara merebut benteng-benteng kerajaan lain menggunakan pasukan dan bantuan makhluk-makhluk fiksi.

Plot dimulai saat Zemeckis, Panglima tertinggi pasukan kerajaan Almekia mendapatkan kunjungan dari Cador ,seorang ksatria Rune atau di dalam game dikenal dengan Rune Knight yang merupakan ksatria yang memiliki kemampuan khusus untuk menggunakan ilmu magis dan memanggil makhluk makhluk mitologi menjadi pasukannya. Cador dikenal dengan julukan Death Knight ini mengajak Panglima Zemeckis untuk melakukan kudeta kepada Raja Henguist yang merupakan pemimpin dari kerajaan Almekia. Dengan bantuan ksatria rune yang tidak loyal kepada Raja Henguist, Zemeckis berhasil merebut takhta kerajaan Almekia dan membentuk kekaisaran baru bernama Esgares Empire. Raja Henguist tewas di tangan Cador, namun pewaris takhta yaitu Pangeran Lance berhasil melarikan diri ke kerajaan Padstow bersama pasukan Rune Knight yang masih setia terhadap mendiang sang raja. Tragedi ini menjadi pemicu perang antara negara-negara di dataran Forsena. Pada akhir permainan pemain akan mengetahui bahwa perang ini didalangi oleh seseorang yang hanya memanfaatkan kekacauan di daratan Forsena untuk melemahkan semua kerajaan dan ia akan mengambil alih semuanya.

Ada 6 kerajaan yang bisa dipakai saat memainkan game ini. Setiap kerajaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mulai dari keuntungan letak geografis, keuntungan mendapat monster kelas atas sampai keuntungan yang didapat dari pendapatan daerah di setiap kastil.

New Almekia
Merupakan kerajaan baru yang dibentuk oleh pangeran Lance dengan bantuan King Coel dari Padstow untuk merebut kembali separuh wilayah yang telah dicuri oleh Zemeckis dan membalaskan dendam mendiang sang ayah.

Caerleon
Dikenal dengan nama Kerajaan Sihir karena memiliki banyak pengguna sihir yang lumayan sakti. Diawal permainan kerajaan kecil ini akan beraliansi dengan New Almekia namun pemain bisa memilih untuk menjadi lawan jika menyerang kastil mereka. Pemimpin dari kerajaan ini adalah Cai, seorang pengguna sihir yang sakti dan dikenal oleh lawan-lawannya sebagai "Silent Wise King".

Norgard
Kerajaan bersalju dan lumayan luas, yang dipimpin oleh seorang raja muda yang eksentrik (kerajaan favorit saya). Setelah kalah perang melawan Almekia, Norgard menjadi melemah dan menjalani masa restorasi. Varnard yang merupakan pemimpin baru kerajaan ini berambisi untuk mengembalikan kejayaan Norgard dengan menguasai seluruh wilayah forsena. Vaynard merupakan seorang ahli strategi yang sangat briliant dan dia dijuluki "White Wolf" karena keberaniannya.

Iscalio
Kerajaan yang aneh dan kacau, dipenuhi oleh pesta hura-hura dan perayaan yang tidak penting. Dipimpin oleh Dryst yang dijuluki "Mad Monach" karena kegilaannya. Dryst berambisi untuk berpasitipasi di dalam perang untuk menguasai Forsena, dan ia melakukannya hanya untuk kesenangan semata.

Leonia
Kerajaan yang bernuansa religi dan sangat cinta damai namun berakhir dengan peperangan karena terpaksa berjuang untuk melindungi kedaulatan negara. Ratu Lyonesse merupakan pemimpin kerajaan ini yang konon tidak berasal dari kalangan bangsawan, ia terpilih karena ramalan.

Esgares Empire
Dahulunya merupakan kerajaan Almekia yang sekarang dipimpin oleh Kaisar Zemeckis yang sangat berambisi untuk memiliki kekuatan. Dia ingin menguasai Forsena karena dia berfikir hanya ini satu-satunya jalan untuk bertahan hidup. Berbeda dengan kerajaan lain Esgares tidak bisa begitu saja dimainkan, kerajaan ini hanya bisa dimainkan setelah memasukan password.

Job and Classes
Tiap rune knight dan monster memiliki class yang unik dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap officer dapat men-summon monster untuk menjadi pasukan mereka namun ada batasan rune power yang apabila melebihi kapasitas monster tidak akan bisa bergabung di dalam squad.

(First Class - Male )
Fighter, Barbarian, dan Ranger
Job ini merupakan job dasar untuk kelas petarung yang menggunakan sejata seperti pedang dan kapak. Kelas ini tidak memiliki skill khusus.

(Second Class)
Cavalier (element Holy 1)
Cavalier merupakan job lanjutan tingkat dua, memiliki kelebihan pada defense dan bisa melakukan Heal.

Berserker (element Dark 1)
Berseker memiliki sprite yang hampir sama dengan Barbarian namun warna mereka berbeda. Berserker memiliki kelebihan pada skill HP recovery 5%.

Samurai ( no element/neutral )
Memiliki Attack tertinggi diantara job lain pada tinggakatannya namun defensenya sedikit lebih rendah. Memiliki kemampuan Iai Slash yang merupakan range Attack dan skill pasif 10% hit rate.

Grappler (no element)
Grappler merupakan pertarung beladiri tangan kosong (namun kamu dapat memberinya equip knuckle yang dapat diperoleh dari quest), memiliki critical rate 5% namun tidak memiliki skill special.

Monk ( element Holy 1 )
Hampir sama seperti Grappler namun monk memiliki skill pasif dapat membuat musuh mengalami status paralyze saat terkena seranganmu dan memiliki 2 skill magic, Heal dan Cure. (harus di awali dengan job priest)

(Third Class)
Paladin ( element Holy 2)
Paladin merupakan class lanjutan dari Cavalier, dapat melakukan skill Heal, Cure, dan Holy Word yang merupakan magic berarea terluas didalam game. (Pada Brigandine Grand Edition Holyword di ganti dengan skill Divine Ray)

Avenger ( element Dark 2, Fire 1)
Class lanjutan dari Berserker, memiliki skill pasif HP recovery 10% , serta 2 skill magic yang berbahaya, yaitu Weakness dan Curse.

Shogun ( Swordmaster - Brigandine GE)
Memiliki attack yang tinggi, dan memiliki skill pasif hit rate 10%. ( pada edisi Grand Edition memiliki skill pasif 10% pertahanan terhadap magic).

Champion ( no element )
Merupakan kelas lanjutan dari Grappler, petarung yang destruktif dan memiliki movement yang lumayan jauh, serta meningkatnya critical rate menjadi 10%.

Guardian ( element Holy 2)
Class lanjutan dari Monk, merupakan petarung yang bagus dan bisa juga menjadi job support yang baik, memiliki 1 tambahan skill magic pendukung yaitu Area Heal.

(First Class - Magic Classes)
Mage (element Fire 1), dan Priest ( Holy 1)
Mage merupakan kelas dasar untuk para magician yang berfokus pada intelligent , memiliki skill magic dasar seperti Flame dan Geno-Flame. Priest merupakan class support dengan skill Heal dan Cure, sebaiknya jangan membuat 2 class ini terlibat dipertarungan garis depan karena HP dan DEF mereka sangat kecil.

(Second Class)
Druid ( 1 dark , 1 Fire)
Saat mage mencapai level 10, kita bisa memilih antara Druid dan Sorcerer , jika anda memilih Druid, akan lebih baik jika lawannya ada element white karena druid memiliki banyak magic element Dark seperti Venom, Curse, dam Weakness serta element Fire, seperti Flame, Power, Geno-Flame dan Thunder.

Sorcerer ( 1 Fire, 1 Water)
Tidak jauh berbeda dengan Druid, namun Sorcerer memiliki magic berelement water dan magic element fire yang kuat seperti Frost dan Exa Blast.

Bishop ( 2 Holy)
Merupakan class lanjutan dari Priest. Memiliki skill support tambahan seperti Halo (meningkatkan exp 2x), Area Heal, dan Divine Ray.

(Third Class)
Necromancer (Dark 2, Fire 1)
Merupakan lanjutan dari Druid dan Class yang berbahaya  karena mempunyai magic element Dark terkuat yaitu Meteor Doom, serta skill magic lainnya seperti Necro Rebirth, dan Dimension.

Wizard ( 1 Water, 1 Fire , 1 Nature)
Class lanjutan dari Sorcerer, Memiliki tambahan skill magic area yang baru seperti Geno-Thunder, Geno-Frost, dan React.

Cardinal ( 2 Holy , 1 Water)
Class support yang amat baik, merupakan lanjutan dari Bishop. Memiliki skill magic tambahan seperti Holy word, Flight, dan Charm.

(First Class - Female )
Scout ( no element )
Merupakan job yang mempunyai serangan range. Tidak memilki skill khusus.

Enchantress ( Water 1 )
Memiliki skill berelement water, seperti frost, Geno-Frost, Fog , dan Charm.

Cleric ( Holy 1 )
Merupakan Class primer untuk tipe healer, hanya memiliki 2 magic, yaitu Heal dan Cure.

(Second Class)
Archer (Nature 1)

Mempunyai range yang lebih jauh saat menyerang dan beberapa Magic seperti Accel, Paralyze, dan Silent.

Lancer ( Holy 1, Water 1 )
Dapat menjadi petarung jarak dekat dan bisa melempar tombak sebagai range attack-nya dan hanya memiliki 1 magic yaitu Fog.

Sorceress ( 1 Water , 1 Dark )
Merupakan job lanjutan dari garis class tipe magic, memiliki magic element dark dan water tambahan seperti Dimension ,Venom, dan Magic tipe water yang kuat yaitu Fall Berg.

Mystic ( 1 Water , 1 Holy )
Kalau Sorceress lebih offensif Mystic bisa melakukan 2 peran , bisa menjadi support dan magic hexer karena memiliki skill Heal dan Halo serta skill offensif lainnya.

Lector ( Holy 2 )
Lector merupakan class support yang sangat berguna, merupakan class lanjutan dari Cleric, memiliki supporting magic tambahan seperti Area Heal , Halo, dan Holy Word.

(Third Class)
Artemis ( Nature 2 )

Merupakan Class lanjutan dari archer dan memiliki serangan range terjauh sebanyak 4 hex serta memiliki magic tambahan yaitu Solid, Protect, dan React.

Valkyrie ( Holy 2 , Water 1 )
Valkyrie merupakan unit yang kuat karena memilki Holy Word dan bisa melakukan healing. Ditambah lagi resistensi terhadap Holy tingkat 2, Dark tingkat 1 , serta element Water.

Witch ( Dark 2 , Water 1 )
Merupakan Class terkuat dari semua kelas enchantress, karena memilki skill Dark Area tingkat akhir yaitu Meteor Doom.

Sage (Holy 1, Water 1, Fire 1 )
Sage memiliki banyak magic yang kuat, namun tidak sekuat meteor doom karena meteor skill area, namun dia memiliki Exa Blast, sayangnya exa blast hanya untuk 1 satu target musuh saja.

Saint ( Holy 3 )
Diperkuat dengan Holy element level 3, serta ditambah dengan skill Divine Ray yang kuat.

(Secret Class)
Ninja ( Dark 1 , Nature 1)

Class khusus Shiraha dan Kazan, rune knight lain dapat menjadi ninja jika anda telah mengalahkan Esgares dan memperoleh Shiraha dari quest.

Ninja Master ( Dark 2 , Nature 1 )
Class ini hanya dapat diperoleh jika Shiraha telah menjadi Ninja master, setelah itu class lain dapat menjadi Ninja Master jika Shiraha sudah menjadi Ninja Master.

(Special Class)
Prince ( no element )
Class khusus untuk Lance, class yang lemah dibanding special class lainnya, namun jika anda terus meningkatkan levelnya dia akan menjadi class yang berbahaya. Dia memiliki 2 magic yaitu heal dan flame.

King ( Fire 1 )
Jika anda menggunakan kerajaan New Almekia ( West Almekia - Grand edition ) dan berhasil merebut Logres maka Lance akan berubah Class menjadi King yang merupakan versi yang lebih kuat di banding Prince. Memiliki tambahan skill Geno-Flame.

Warlock ( Fire 1, Water 1 , Nature 1 )
Class khusus untuk Cai, pemimpin Caerleon, class ini seperti gabungan class wizard dan banyak green magic yang patut diperhitungkan karena memiliki banyak skill magic area.

Emperor ( Fire 2 )
Class khusus Zemeckis, class yang sangat kuat karena memiliki element Fire level 2, serta serangan range yang dapat membuat enchantress tewas dalam 2 kali serangan. Namun ada serangan magic yang patut di hindari kelas ini yaitu Fall Berg.

Death Knight ( Dark 2 , Fire 1 )
Class khusus untuk Cador, sangat berbahaya apalagi terhadap element Holy, mungkin hanya Valkyrie dan Paladin yang cocok berhadapan dengan kelas ini.

Tyrant ( Dark 1 , Fire 1 )
Class Khusus  untuk Dryst pemimpin Iscalio, memiliki magic seperti curse , flame, power dan weakness.

Super Tyrant ( Dark 1, Fire 1)
Class lanjutan dari Tyrant sangat susah untuk dicapai karena persyaratannya Dryst harus mencapai level 30, namun anda akan mandapatkan skill meteor doom jika mencapainya.

Queen ( Holy 2 )
Class khusus untuk Lyonesse dari leonia, merupakan class healer yang baik, queen memiliki holy word yang cukup merusak banyak lawan karena area magicnya sangat luas.

Lord ( Water 1 )
Class khusus untuk Vaynard pemimpin Norgard, memiliki skill magic frost, Geno-Frost, dan fog. Sebaiknya hindari melawan unit dengan element Fire level 2 karena itu sangat merugikan anda.

Knight Master ( Holy 1 , Nature 1)
Class Khusus Dinadan di Brigandine Grand Edition.

Killer Doll (Dark 1, Fire 1)
Class Khusus Iria di Brigandine Grand Edition.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Monster Classes

Ghoul
Monster yang bentuknya menyerupai zombie ini termasuk unit yang lemah.Oleh karena itu biasanya ghoul hanya di jadikan "tumbal" untuk memancing musuh untuk maju ke perangkap. Ghoul hanya memiliki cost 15 rune power dan berelemen Dark Lv 1.

Vampire
Setelah Lv 10 Ghoul dapat berubah menjadi Vampire. Kelebihan vampire adalah skill pasif HP recovery 5%. Meskipun begitu, vampire masih belum cukup kuat untuk melawan Angel, dikarenakan vampire tidak memiliki skill spesial. Vampire memiliki rune cost 30 dan berelemen Dark Lv 2.

Vampire Lord
Class Vampire Lord dapat di capai ketika Vampire mencapai Lv 20. Kelebihan Vampire Lord yaitu ia mempunyai skill magic elemen dark seperti Necro Rebirth dan Weakness serta skill spesial Bat Attack yang merupakan range attack. Rune cost Vampire Lord adalah 30 rune power dan ia berelemen Dark Lv 3.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hell Hound
Hell Hound merupakan monster yang cukup fleksible karena memiliki skill pasif Hit and Away, yang memungkinkan ia memiliki ekstra turn untuk berpindah tempat setelah melakukan serangan. Selain itu ia memiliki skill special yang memiliki range 2 hex yaitu Hell Fire. Rune cost Hell Hound adalah 35 Rune Power dan berelement Dark Lv 1.

Fenrir
Fernrir merupakan kelas lanjutan dari Hell Hound ketika mencapai Lv 10. Kelebihan Fenrir adalah ia memiliki MOV sedikit lebih besar dari pada Hell Hound yang memungkinkan ia berjalan lebih jauh. Fenrir memiliki skill special yang memiliki range 3 hex yaitu Inferno dan ia berelemen Dark Lv 1.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Giant
Giant memiliki ATK yang besar tetapi memiliki MOV yang kecil serta serangan dari monster ini sering meleset yang membuat saya jarang menggunakannya. Monster ini memiliki rune cost 60 rune power dan ia berelemen Fire Lv 1.

Titan & Gigas
Ketika mencapai Lv 10, player bisa memilih 2 class yang tersedia untuk giant yaitu Titan dan Gigas.
Jika memilih Titan akan menghabiskan rune cost sebesar 75 rune power. Titan memilki HP yang besar dan ATK yang kuat plus Titan memiliki 2 elemen yaitu Fire Lv1 dan Holy Lv 1. Jika memilih gigas tidak hauh berbeda karena mereka memiliki rune cost yang sama dan sama-sama memiliki HP dan ATK yang besar. Perbedaannya hanyalah pada elemen. Gigas berelemen Fire Lv 1 dan Dark Lv1.

Thor
Jika memiliki item Rage Lightning, Titan bisa berubah class menjadi Thor. Thor adalah unit yang kuat dan untuk memperolehnya juga susah karena harus mencari Rage Lightning dari Quest sebagai catalys-nya. Thor memiliki skill Area yang memberikan damage kepada semua unit yang tidak terbang alias menapaki tanah. Akan tetapi jika unit sendiri berada di dalam area serangan maka dia juga akan menerima damage. Thor memiliki rune cost sebesar 95 rune power dan berelemen Holy Lv2 dan Fire Lv1.

Loki
Tidak jauh berbeda dengan Thor, Loki hanya dapat diperoleh jika player memberi Gigas item Wisdom Seed yang hanya bisa di dapatkan dari quest. Loki juga tidak kalah kuat dengan Thor karena Loki bisa melakukan skill Meteor Doom dan Weakness. Namun dikarenakan MP yang kecil Loki tidak bisa melakukan Meteor Doom lebih dari sekali. Loki juga memiliki rune cost sebesar 95 rune power dan berelemen Dark Lv2 dan Fire Lv1.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Clay Golem
Golem memiliki kekebalan terhadap status abnormal, tidak berelemen dan memiliki DEF yang baik sehingga lumayan bagus untuk bertahan karena rune cost nya hanya 45 rune power sehingga Rune Knight bisa memasukannya ke dalam squad dalam jumlah banyak.

Stone Golem
Saat Lv 10, Clay Golem bisa berubah menjadi Stone Golem yang lebih kuat dari pendahulunya. Mendapatkan tambahan DEF dan Skill baru yaitu Rock Throw.

Bronze Golem
Bronze Golem mendapatkan tambahan jangkauan range untuk Skill Rock Throw serta memiliki DEF yang besar. Bronze Golem bisa di miliki jika Stone Golem sudah mencapai Lv 20.

Talos
Untuk mendapatkan Talos cukup susah karena harus membuat Bronze Golem mencapai Lv 30. Talos memiliki HP yang bisa menyaingi HP Salamander atau bahkan bisa melampaui kelas Dragon & Hydra yang memiliki HP yang cukup besar.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Unicorn
Unicorn bisa menjadi alternatif ketika tidak memiliki cukup mana untuk men-summon Angel. Unicorn adalah unit support yang baik, memiliki Skill Heal dan Cure serta berelemen Holy Lv1.

Pegasus
Pegasus adalah class lanjutan dari dua kelas yang tersedia ketika Unicorn mencapai Lv 10.
Pegasus memiliki tambahan Skill Halo yang sangat berguna untuk levelling. Pegasus berelemen Holy Lv2.

Nightmare
Nightmare adalah kelas alternatif dari Pegasus dengan skill Dimension dan Weakness. Nightmare berelemen Dark Lv2.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pixie
Pixie merupakan salah satu job terlemah, tetapi dia memilki skill support seperti Protect dan Silent serta berhati-hati karena pixie bisa melakukan efek Charm pada setiap serangannya. Pixie berelemen Nature Lv 1.

Fairy
Jika Pixie telah mencapai Lv10 maka dia akan berubah kelas menjadi Fairy. Fairy memiliki Skill baru seperti React dan Paralyze. Fairy berelemen Nature Lv 2.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lizardman
Lizardman memiliki kelebihan jika berada di air seperti meningkatnya MOV dan Evasion. Namun Lizardman tidak memiliki skill dan tidak memiliki banyak HP. Lizardman berelemen Water Lv1.

Lizard Guard
Lizard Guard adalah kelas lanjutan dari Lizardman. Memiliki Skill Poison Breath yang dapat menyebabkan status poison. Lizard Guard berelemen Water Lv2.

Lizard King (Grand Edition Only)
Ini merupakan monster favorit banyak orang yang pernah mencoba Brigandine Grand Edition. Dengan menggunakan item Crown of Gold, Lizard Guard dapat berubah menjadi Lizard King yang memiliki skill Auto-React alias dia dapat melakukan act 2 kali setiap kali mendapat giliran ditambah lagi dengan dia berelemen Water Lv 3.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wyvern
Memiliki MOV yang besar serta evasion yang tinggi karena monster dengan level rendah kadang sangat sulit untuk berhasil melakukan serangan. Wyvern tidak memiliki elemen atau sebut saja dia berelemen netral.

Coatl
Merupakan kelas lanjutan dari Wyvern dengan tambahan MOV serta dapat malakukan skill Dragon Roar.

Bahamut
Meskipun tidak sekuat Salamander dan Fafnir tetapi Bahamut tidak berelemen oleh karena itu dia tidak benar-benar memiliki kelemahan saat bertemu unit dengan elemen berbeda . Di dukung dengan MOV yang besar dan skill Final Breath ditambah lagi denggan AGI yang tinggi bahamut bisa menjadi monster yang berbahaya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Roc
Roc sangat berbahaya karena dia memiliki kemungkinan membuat monster yang di serangnya menjadi batu. Selain itu roc mempunyai Skill special yaitu Cry Bird yang dapat memberikan efek paralyze.

Phoenix.
Phoenix merupakan unit yang sangat berguna saat pertempuran karena selain memiliki Skill 10% HP recovery, ia juga dapat melakukan Skill Heal Voice yang dapat menyembuhkan semua unit yang terluka dalam radius yang lumayan besar. Selain itu Phonix berelemen Fire Lv 3 yang membuatnya dapat berlenggang di atas unit elemen Water Lv 1 dengan mudah. Phoenix dapat di peroleh jika Roc mencapai Lv 10.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hydra
Unit yang mahal dan bukan apa-apa jika di daratan, tetapi ular berkepala 5 akan menjadi sangat kuat dan berbahaya jika di dalam air. Memiliki skill pasif Aqua Recovery 5% serta dapat melakukan skill Ice Breath. Sebaiknya gunakan Unit ini di area pertempuran yang memiliki danau, sungai atau laut. Hydra berelemen Water Lv2 sehingga seekor Dragon bukan lawannya jika di dalam air.

Tiamat
Hanya satu kekurangan pada monster ini yaitu MOV nya yang slither sehingga jika di daratan sangat lamban. Padahal Tiamat yang merupakan kelas lanjutan dari Hydra ini memiliki ATK,DEF, dan HP yang besar di tambah lagi dengan skill Dragon Roar dan Death Breath yang membuat unit dengan elemen Holy harus waspada. Trik untuk mengoptimalkan Tiamat adalah dengan meng-cast magic Flight terhadapnya agar MOV nya berubah menjadi High Sky sehingga memperbesar mobilisasinya. Tiamat berelemen Dark Lv 1 dan Water Lv2.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jinn
Unit yang tidak bisa menyerang dan melakukan counter. Jinn hanya bisa melakukan Skill Special seperti Air Storm. Jinn tidak memiliki elemen.

Efreeti, Marid, Dao, Djinni, & Syaitan (GE only).
Saat Jinn mencapai Lv 10 kamu dapat memilih 4 kelas jin baru yang memiliki elemen berbeda seperti Efreeti berelemen Fire Lv 1 dengan skill Fire Storm, Marid berelemen Water Lv 1 dengan skill Aqua Storm, Dao berelemen Dark Lv 1 dengan skill Rotten Storm, dan Djinni berelemen Holy Lv 1 dengan skill Ray Storm. Dalam versi Brigandine Grand Edition ada class baru untuk Jinn yaitu Syaitan dan ada sedikit perubahan untuk elemen Dao yang berubah menjadi Nature Lv 1 dan Syaitan mengambil alih elemen yang sebelumnya dimiliki Dao yaitu Dark Lv1. (Langkah yang tepat, karena kenyataannya dalam bahasa timur tengah , Jin Dao mewakili Earth).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Centaur
Monster dengan serangan jarak jauh yang memiliki agility yang tinggi tetapi ia tidak mempunyai HP yang besar serta tidak memiliki MP. Centaur memiliki elemen Nature Lv 1.

High Centaur
Kelas lanjutan dari monster Centaur dengan mobilitas yang baik serta memiliki serangan range sebesar 3 hex di tambah lagi dia memiliki cost Rune Power yang kecil. High Centaur berelemen Nature Lv 2.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dragon
Dragon merupakan monster yang kuat namun untuk menaikan levelnya tidak mudah karena dia membutuhkan lebih banyak exp. Dengan ATK yang tinggi Dragon bisa menjadi ujung tombak yang baik. Dragon memiliki skill special Acid Breath dan ia berlemen Fire Lv 1.

Red Dragon
Red Dragon bisa di peroleh ketika Dragon mencapai Lv 10. Red Dragon berelemen Fire Lv 2 yang membuatnya unggul melawan monster elemen Air. Ia mempunyai Skill Fire Breath dan memiliki elemen Fire Lv 2.

White Dragon
White Dragon adalah kelas alternatif selain Red Dragon. White Dragon memiliki kelebihan pada MOV, karena ia tipe High Sky sehingga lebih fleksible di bandingkan dengan Red Dragon. White Dragon memiliki skill Energy Bolt.

Salamander
Kelas lanjutan dari Red Dragon saat mencapai Lv 20. Salamander  memiliki serangan yang kuat serta HP yang besar. Serangan Grand Flame-nya sangat berbahaya untuk monster elemen Water karena Salamander berelement Fire Lv 3.

Fafnir
Meskipun serangannya sedikit dibawah Salamander, akan tetapi Fafnir sangat fleksible melawan berbagai elemen di karenakan memiliki elemen Holy Lv 2 dan Fire Lv 1. Selain itu Fafnir memiliki ATK dan HP yang besar sehingga dia sangat di butuhkan di dalam team.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gryphon
Gryphon kurang diperhitungkan karena unit ini kadang sangat rapuh dan serangannya sering "miss", bahkan bisa dikalahkan oleh Hell Hound dengan level yang setara. Gryphon berelemen Holy Lv 1.

Holy Gryphon
Holy Gryphon merupakan kelas lanjutan dari Gryphon dengan tambahan skill range Feather Storm yang cukup berguna. Tetapi Holy Gryphon ATK nya tidak berkembang begitu pesat jika di bandingkan dengan Phoenix, namun ia bisa menjadi alternatif ketika kamu tidak memiliki mana dan rune power yang cukup. Holy Gryphon berelemen Holy Lv 2.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Angel
Unit support yang paling bagus di dalam game karena keberadaannya menurut saya setara dengan seorang Cleric dan Priest. Namun di balik semua keunggulannya Angel sangat mahal dan memiliki cost yang tinggi. Angel memiliki Skill magic seperti Heal dan Divine Ray. Angel berelemen Holy Lv 2.

Arch Angel
Kelas lanjutan dari Angel dengan tambahan skill Halo dan Holy Word. Arch Angel berelemen Holy Lv 3.

Seraph
Setelah Arch Angel mencapai Lv 20, maka ia bisa berubah menjadi Seraph. Seraph lumayan kuat dengan magic support dan range attack. Tapin tetap saja rune costnya sangat tinggi mencapai 120 rune power. Seraph berelemen Holy Lv 3.

Lucifer
Berikan Seraph item Fruit of Vice dan dia akan berubah menjadi Lucifer yang memiliki banyak magic setara dengan Wizard seperti Area Heal, Cure, Dimension, Divine Ray, Flame, Power, Halo, Heal, Meteor Doom, dan Holy Word. Selain itu Lucifer berelemen Holy Lv 1, Fire Lv 1, dan Dark Lv1.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Giant Scorpion
Meskipun memiliki HP yang sangat rendah dan MOV yang kecil, ia bisa digunakan sebagai "lure" untuk melakukan misi bunuh diri dengan sengaja maju ke garis depan untuk membuat musuh terkena status poison. G-Scorpion berelemen Fire Lv 1,

Death Needle
Kelas lanjutan dari G-Scorpion dengan kemungkinan membuat musuh terkena status poison sedikit lebih tinggi dari pada G- Scorpion. Death Needle berelemen Fire Lv2.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mandrake
Sama seperti G-Scorpion, Mandrake lebih memiliki fungsi sebagai pembuat status abnormal kepada musuh tapi Mandrake memiliki HP jauh lebih besar. Mandrake dapat membuat musuh terkena paralyze. Ia berelemen Nature Lv 1.

Man-Eater
HP yang sangat tinggi dan skill range attack serta dengan kemampuan membuat musuh terkena status paralyze membuat Man Eater sangat berguna. Man Eater merupakan kelas lanjutan dari Mandrake dengan elemen Nature Lv 2.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Merman
Merman sangat lemah kalau tidak di tempatkan di air. Ia memiliki Skill Aqua Attack 20% ketika berada di air dan 5% Aqua recovery. Merman berelemen Water Lv 1.

Triton
Saat Lv 10 Merman dapat di upgrade menjadi Triton. Triton mendapatkan tambahan skill Maelstorm tetapi skill ini hanya bisa di aktifkan ketika berada di dalam air. Triton berelemen Water Lv 2.

Poseidon
Poseidon merupakan kelas terakhir dari Merman. Ia mempunyai kelebihan skill 10% Aqua Recovery dan memiliki elemen Water Lv 3.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Demon
Demon mempunyai magic yang sangat kuat yaitu Curse. Tetapi hati-hati menempatkan demon karena HP yang dimilikinya tidak begitu besar. Demon berelemen Dark Lv2.

Arch Demon
Arch Demon merupakan kelas lanjutan dari Demon ketika mencapai Lv 10. Ia mendapat magic elemen Dark tambahan seperi Dimension dan Weakness. Arch Demon berelemen Dark Lv3.

Satan
Kemunculan Satan di medan tempur setara dengan keberadaan seorang Necromancer. Ia memiliki banyak Skill Elemen Dark termasuk Meteor Doom. Satan diperoleh ketika Arch Demon mencapai Lv 20 dan Satan berelemen Dark Lv 3.

Lilith
Gunakan Liquor of Charm pada Satan maka dia akan berubah kelas menjadi Lilith. Lilith memiliki skill range dan magic seperti Charm, Curse, Dimension , Divine Ray, Frost , Meteor Doom, Necro Rebirth, Venom dan Weakness dan ia berelemen Holy Lv1, Dark Lv1, dan Water Lv1.


Download from Emuparadise:
http://www.emuparadise.me/Sony_Playstation_ISOs/Brigandine_-_Legend_of_Forsena_[U]/36626

2 komentar:

  1. Mantapp gan...👍
    Tambahan aja, di brigandine GE lance berelement nature.. magic heal,thunder,geno thunder.. 😀

    BalasHapus
  2. Ada yang tau cara mudah mendapat item lilith and luchiver.thanks

    BalasHapus