Label

Senin, 09 Desember 2013

Attack on Acnes !

Kalau disinggung soal hal yang satu ini pasti semua orang pernah mengalaminya. Kecil, imut, dan membuat kita jadi gregetan untuk mencubitnya (pencet kali). Yap itulah jerawat , benda kecil yang muncul diwajah ini sangat mengganggu walaupun cuma satu tapi kadang cewek maupun cowok ingin sekali menyingkirkannya (kalo ane sih pengen bantai sampe ke anak-anaknya). Jerawat merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat sehingga memicu terjadi peradangan disekitar wajah kita. Menurut Kligmann seorang peneliti masalah jerawat (pasti dia orang jawa), tak ada satu pun orang dunia menjalani masa hidupnya tanpa sebuah jerawat diwajahnya.

Banyak orang berpendapat bahwa jerawat disebabkan oleh aktivitas hormonal yang terjadi saat masa pubertas, menstruasi, dan bahkan saat kehamilan. Namun menurut para ahli jerawat itu sebabkan oleh produksi minyak berlebih pada wajah yang menyebakan terjadinya penyumbatan minyak disaluran folikel pada pori-pori wajah.Sel-sel kulit mati juga dapat menimbulkan jerawat, karena sel kulit mati dapat menyatu dengan debu dan kotoran sehingga menyumbat pori-pori. Menggunakan kosmetik juga bisa menyebabkan jerawat karena jika kita tidak hati-hati memperhatikan apakah jenis kulit kita cocok dengan kosmetik, atau penggunaan make-up yang juga dapat menyebabkan jerawat jika tidak dibersihkan dengan benar.

Kadang orang-orang tidak menyadari bahwa begadang juga dapat menimbulkan jerawat karena saat tubuh kelelahan kadang bisa memicu stres, saat stres dapat memicu hormon tertentu sehingga wajah memproduksi minyak berlebih.

Saya sendiri telah menderita karena jerawat, kurang lebih selama 3 tahun. Saya berjerawat sejak kelas 2 SMA karena saat itu ikut-ikutan teman menggunakan produk pembersih wajah biar ganteng maksimal. Selang beberapa bulan invasi jerawat mulai bermunculan puncak keparahannya saat saya kelas 3 SMA, wajah saya dipenuhi jerawat dan wajah saya memerah sehingga membuat saya hilang percaya diri.

Sudah bnyak produk penghilang jerawat saya coba tapi tidak sedikit pun membuat perubahan, hingga saya konsultasi ke beberapa dokter kulit,  jadinya jerawat saya sedikit mengempis namun saya ketergantungan obat, jika saya tidak mengkonsumsi obat itu wajah saya kembali berjerawat bahkan saya malah menderita jerawat badan karena alergi obat. 

Akhirnya saya pasrah saja, saya tidak percaya dengan produk-produk pembersih wajah yang katanya bikin muke kita kayak apgan lah, kayak orang korea lah (jijik), ataupun jadi mirip Ariel. Setelah masuk ke perguruan tinggi intensitas pertumbuhan jerawat di wajah sedikit berkurang namun akhir smester lima wajah saya mulai di gerogoti jerawat untungnya pacar saya tidak pernah komplain dengan wajah saya yang kyak alas kaki ini tapi saya tetap saja stres karena jika berjerawat saya terkesan jorok dan malas merawat diri padahal sebenarnya tidak (salah lagi).

 Beberapa hari yang lalu saya tidak sengaja melihat thread di kaskus, mereka membahas cara untuk membasmi jerawat, saya pun iseng saja masuk dan melihat ke dalam forum itu. Mereka merekomendasikan menggunakan Extra Virgin Olive Oil atau biasanya disingkat EVOO. EVOO merupakan proses pertama saat mengolah minyak zaitun sehingga vitamin dan nutrisinya terjaga. Namun terbesit pertanyaan dari dalam hati saya, perasaan minyak zaitun itu digunakan untuk memasak, ternyata saya salah, minyak zaitun terbagi menjadi beberapa jenis bersadarkan proses pembuatannya. EVOO dapat digunakan menjadi bahan kosmetik dan  dapat disiram di atas makanan yang tidak dipanasi atau tidak menggunakan proses penggorengan.

Saya pun penasaran ingin mencoba, setelah saya membeli minyak zaitun extra virgin, sebelum tidur saya membersihkan wajah saya dengan sabun bayi (zwitsal). Setelah itu saya menuangkan minyak zaitun ke piring atau gelas , karena jika kita langsung main colek dari botolnya akan membuat minyaknya jadi tidak streril lagi. Setelah itu saya mengoleskannya tipis-tipis ke wajah saya sampai merata dan saya tidur. Saat bangun pagi saya mencuci muka saya dua kali, cuci muka pertama untuk membersihkan minyak zaitun dan yang kedua anggaplah adalah tahap finishing atau untuk membersihkan wajah. Saat pemakaian pertama alhamdulilah jerawat saya kempis dan wajah saya terasa lebih kenyal. Beberapa bekas jerawat saya memudar. EVOO di sarankan digunakan setelah habis mandi dan sebelum tidur, dan jangan digunakan untuk pergi keluar rumah sebab EVOO rentan terhadap sinar matahari sehingga khasiatnya menurun dan kandungannya bisa menjadi kandungan yang berbahaya. Dan disarankan untuk tidak memakan daging ayam dan telur karena hal itu dapat membuat cara penyembuhan ini sia-sia saja (true story, ane cepat jerawatan jika makan ayam + telur). Itu saja mungkin info dari saya, semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua.



2 komentar:

  1. Tipsnya bagus dan bermanfaat sekali :) kalo aku sih pakenya Cream Pasjel Thailand Cherry Tender hasilnya jerawat aku besoknya langsung kering kempes ^^ .
    Aku belinya disini http://aybela.com/pasjel-cherry-tender-pink/

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih sudah share tentang creamnya :) , patut di coba bagi mereka yang mengalami masalah yang sama :)

    BalasHapus